Jumat, 30 Maret 2012

Komputer Loading Lama, Hang: Analisa CPU Usage 100%


Komputer Loading Lama, Hang: Analisa CPU Usage 100%


cara mengatasi cpu usage 100%
CPU Usage 100% akan membuat kinerja komputer berjalan tidak normal, bahkan hang. Pemicu terjadinya CPU Usage 100% sedikit beragam, akan tetapi pada kebanyakan kasus adalah dikarenakan banyaknya program/aplikasi yang sedang berjalan.

Jika kita sudah meminimalisir program/aplikasi aktif kemudian CPU Usage tetap saja masih mencapai level 100% maka kecurigaan terbesar adalah dikarenakan kinerja virus. Jika suatu komputer sudah terinfeksi oleh virus, maka virus bisa menghabiskan kapasitas penggunaan CPU sehingga terjadilah CPU Usage 100%.

Meski dalam hal ini virus sering kali menjadi biang keladi, namun hal tersebut juga tidak serta merta disebabkan oleh kinerja virus.

Untuk memastikan penyebab terjadinya CPU Usage 100%, Berikut ini adalah beberapa langkah diagnosa untuk mengetahui real permasalahannya:

1. Virus 

Virus tetap menjadi target utama terhadap langkah-langkah diagnose yang akan dilakukan. Scan komputer anda dengan antivirus yang berkualitas, seperti NortonAVGKaspersky, dsb.

2. Startup

Tidak jarang program/aplikasi yang kita install di komputer kita akan melakukan startup secara otomatis saat windows logon. Silahkan lakukan pengecekan dengan cara: Start > Run > ketikkanmsconfigSystem Configuration Utility akan muncul, silahkan navigate ke tab Startupkemudian lakukan konfigurasi.

3. Hardware: Kabel konektor dalam CPU, FAN/Kipas, Elco Mainboard.

Periksalah masing-masing komponen diatas, jika anda mendapati terjadi kerusakan atau permasalahan pada komponen hardware tersebut silahkan lakukan pembenahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.